12 November 2009

Antikythera: Mesin Astronomi Kuno


Mesin Antikythera, sebuah mesin kalender astronomi kuno, sebuah benda paling misterius yang ditemukan di dalam sebuah kapal karam Yunani sekitar tahun 80 Sebelum Masehi. Penemuan mesin antik ini memusingkan para ahli sejarah karena bertentangan dengan teori perkembangan peradaban manusia yang selama ini diyakini.


Proses identifikasi mesin ini selama setahun dan para ahli memasukkannya dalam kategori mesin yang sangat rumit. Mesin ini memiliki serangkaian tuas-tuas yang pengoperasiaannya kelak menunjukkan nama-nama objek luar angkasa seperti planet-planet berdasarkan mitologi Yunani atau Romawi serta simbol zodiak (rasi bintang).


Setelah diidentifikasi menggunakan Xrays, ditemukan bahwa mesin ini berisikan 32 tuas yang masih berfungsi bagus. Tentu saja penemuan ini mengejutkan banyak pihak sebab mesin tersebut merupakan kalender astronomi canggih yang hampir seakurat model modern! Sejauh manakah bangsa Yunani dalam mengembangkan teknologinya? Sejauh ini ras manusia sekarang hanya terbelalak tak percaya akan bukti kemajuan teknologi nenek moyangnya.


(Bersumber dari the epochtime, wikipedia)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Ternyata jaman baheula udah canggih ya. Bahkan orang jaman sekarangpun tajub akan keakuratannya. Salut utk nenek moyang ......