04 Juni 2009

7 Keajaiban Dunia Dulu dan Sekarang

Dunia pariwisata memang mengasikkan. Kota-kota yang indah, pemandangan alam yang asri, peninggalan kuno yang artistik menjadi surga bagi mereka yang berhobi travelling. Ada tempat-tempat yang banyak dikagumi orang sehingga dinobatkan menjadi keajaiban dunia.

Adalah Antipater Sidon, seseorang yang menggambarkan tujuh keajaiban dunia kuno dalam puisi (sekitar 140 SM).

"Aku telah melihat tembok Babilonia yang agung yang di atasnya terbentang jalanan untuk kereta-kereta perang, dan patung Zeus di Alfeus, dan taman-taman gantung, dan Kolosus Matahari, dan karya besar yang membangun piramida-piramida tinggi, serta kuburan yang besar dari Mausolus; namun ketika aku melihat rumah Artemis yang menjulang ke awan-awan, yang lain itu semuanya kehilangan keindahannya, dan aku berkata, 'Tengoklah, selain Olympus, Matahari tidak pernah lagi melihat apapun yang sedemikian agung.'" (Antipater, Greek Anthology IX.58)


Tujuh Keajaiban Dunia Kuno

Berikut ini daftar tujuh keajaiban dunia dengan Pharos Aleksandria, berasal dari zaman Pertengahan. Menurut daftar Antipater tertulis Tembok Babylon dan bukan menara lampu. Dalam urutan sesuai huruf:

  1. Colossus Rodos — patung Helios yang sangat besar, dibuat sekitar tahun 292280 SM oleh Chures, sekarang Yunani.
  2. Taman Gantung Babilonia — dibuat oleh Nebukadnezar II, sekitar abad ke-8 SMabad ke-6 SM, sekarang Irak.
  3. Mausoleum Mausolus — makam Mausolus, satrap Persia, Caria, dibuat pada tahun 353351 SM, di kota Halicarnassus, sekarang Bodrum, Turki.
  4. Mercusuar Iskandariyah — mercusuar dibangun sekitar tahun 270 SM di pulau Pharos dekat Alexandria pada masa pemerintahan Ptolemeus II oleh arsitek Yunani Sostratus, sekarang Mesir.
  5. Piramida Giza — dipakai sebagai makam untuk firaun Mesir Khufu, Khafre, dan Menkaure, sekarang Mesir. Dibangun pada dinasti ke-4 Mesir (sekitar 2575– sekitar 2465 SM)
  6. Patung Zeus — berada di Olympia, dipahat oleh pemahat Yunani Fidias, kira-kira 457 SM sekarang Yunani.
  7. Kuil Artemis550 SM, di Efesus, sekarang Turki.

(Dikutip dari wikipedia)

Tahun 2007 kemarin, dilakukan pooling lewat internet berkenaan dengan tujuh keajaiban dunia “baru”.

1. Petra, Yordania (Tahun 9 SM – 40 M)







Kota ini berlokasi di gurun pasir Yordania yang di bangun pada masa raja Aretas IV. Tiang batu terpahat yang menjulang tinggi menjadi ciri khas kota ini. Pada masa awal, kota ini di bangun untuk persembahan bagi Obodas I dan berkembang menjadi tempat perdagangan. Ada teater dengan setting ruang terbuka yang dapat menampung 4.000 orang. Simbol bangunan ini adalah teknik, perlindungan.

2. Tembok Raksasa Cina ( Abad ke-7 Masehi)






Tembok yang di bangun untuk pertahanan dinasti cina dari serangan mongol ini memiliki panjang sejauh 6.695 KM. Tembok Raksasa ini di klaim satu-satunya bangunan di bumi yang bisa terlihat dari Luar Angkasa. Simbol bangunan ini adalah perlindungan, terus menerus.

3. Kristus Penebus : Brazil (1931 Masehi)













Patung Yesus Kristus ini menjulang setinggi 38 Meter di puncak pegunungan Corcovado dan menghadap ke kota Rio De Janeiro. Simbol bangunan ini adalah penerimaan, keterbukaan.

4. Taj Mahal, India (Tahun 1630 Masehi)













Taj Mahal yang artinya “Istana Mahkota” adalah makam Arjuman Bano Begum atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mumtaz Mahal, permaisuri raja Mughal Shah Jehan yang meninggal setelah melahirkan anaknya yang keempatbelas dalam usia 39 tahun. Adalah Isa Khan, arsitek Taj Mahal yang berciri islami yang dibuat dari marmer putih dan dikelilingi taman yang indah. Simbol bangunan ini adalah cinta, hasrat.

5. Machu Picchu, Peru (Sekitar Tahun 1460 Masehi)












Machu Picchu ( yang artinya gunung tua) terletak di Peru adalah kota suci milik kerajaan Inca yang di bangun di puncak bukit pada gugusan pegunungan Andes. Arsitektur kota ini sangat bagus dan rapi yang terdiri dari bangunan inti dan bangunan pendukung. Peninggalannya masih dapat kita sakasikan sampai saat ini. Simbol bangunan ini adalah komunitas, dedikasi.

6. Colosseum, Italia (Sekitar Tahun 70 Masehi)








Coloseum adalah bangunan besar dengan tinggi mencapai 48 Meter, panjang 189 Meter, dan lebar 156 Meter. Gladiator adalah sebutan para petarung yang di “adu” di arena ini pada masa lalu. Pertarungan hidup dan mati menjadi “hiburan” raja dan rakyat kala itu. Simbol bangunan ini adalah kesenangan, penderitaan.

7. Piramida Chichen Itza, Meksiko (Tahun 800 Masehi)









Piramid Chichen Itza adalah karya kebudayaan suku Maya yang terletak di semenanjung Yucatan Meksiko. Tempat ini digunakan sebagai tempat kegiatan politik dan ekonomi pada masa lalu. Simbol bangunan ini adalah pemujaan, ilmu pengetahuan.

Sedangkan Piramid Mesir satu-satunya keajaiban dari zaman kuno yang sampai sekarang masih bertahan, tidak masuk dalam daftar namun disebut sebagai calon kehormatan.








2 komentar:

Unknown mengatakan...

dukung taman komodo jd salah satu keajaiban dunia. tp kok kayaknya susah ya. belum2 kok udah pesimis

Unknown mengatakan...

waduk cengklik koq ga masuk ya..padahal sejarahnya heboh juga