23 Juni 2009

Temuan Arkeologis: Reaktor Nuklir Berusia 2 Milyar Tahun di Oklo, Republik Gabon Afrika

Kira-kira apa yang ada dibenak kita ketika membicarakan peradaban pra sejarah atau purba? Banyak orang membayangkan kehidupan manusia purba sebagai kehidupan yang primitif, hidup di gua-gua, tak mengenal ilmu pengetahuan dll.

Penemuan ilmuwan ini mungkin akan mengubah pandangan kita berkenaan dengan peradaban manusia pra sejarah. Sebuah penemuan luar biasa yang terjadi pada tahun 1972 berawal saat perusahaan dari Prancis mengimpor biji mineral uranium dari Oklo di Republik Gabon, Afrika. Pihak pengimpor sangat terkejut karena biji uranium impor itu sudah pernah diolah sebelumnya serta kandungan uraniumnya dengan limbah reaktor nuklir hampir sama. Sontak penemuan ini “memaksa” para ilmuwan berbondong-bondong datang ke Oklo untuk penelitian lebih lanjut. Dan hasil riset mengarah akan adanya suatu reaktor nuklir berskala besar dengan kapasitas ± 500 ton biji uranium di enam wilayah pada masa prasejarah. Reaktor nuklir tersebut diperkirakan dapat menghasilkan tenaga sebesar 100 ribu watt. Menariknya, tambang reaktor nuklir itu terawat dengan baik terbukti dari desainnya yang sempurna dan telah beroperasi selama 500 ribu tahun! Bukti kesempurnaan desainnya adalah limbah penambangan reaktor nuklir itu tidak tersebar di areal seluas 40 meter di sekitar pertambangan. Para ilmuwan pantas merasa malu karena desain penambangan reaktor nuklir prasejarah ini jauh lebih hebat dari sekarang, apalagi para ilmuwan tengah berpusing-pusing dalam menangani limbah nuklir saat ini. Manusia jaman prasejarah ternyata sudah tahu betul penggunaan dan penanganan limbah reaktor nuklir dengan cara memanfaatkan topografi alami. Salut untuk nenek moyang kita!

Menurut data geologi, tambang uranium di Oklo ini dibangun sekitar 2 milyar tahun lalu! Setelah menjadi pertambangan, lalu dibangunlah reaktor nuklir. Para ilmuwan mengakui eksistensi reaktor nuklir jaman prasejarah ini yang tentunya akan mengubah sejarah dunia. Penemuan ini juga memberi ”pelajaran” pada para ilmuwan perihal peradaban manusia yang ditemukan kembali.

Menengok pelajaran dari peradaban manusia pra sejarah, sudah sepantasnya kita tidak arogan dengan menganggap peradaban kita ini lebih modern dan peradaban manusia pra sejarah lebih primitif. Seperti telah diketahui bahwa teknologi atom yang berkembang saat ini baru beberapa puluh tahun saja dipelajari sementara peradaban mereka sudah melampaui kita.

Manusia sekarang tengah mempelajari teknologi atom dan manusia pra sejarah juga telah mempelajarinya. Bukti reaktor nuklir ini tentunya merupakan produk umat manusia saat itu, dan bukti ini tak terbantahkan. Yang membuat orang penasaran adalah dua milyar tahun lalu telah ada sophisticated civilization dan sekarang kita baru akan memulainya. Ya, dua milyar tahun bukanlah waktu yang singkat. Tentu terdapat banyak sekali produk kebudayaan manusia. Sementara saat ini kita meyakini kebudayaan tertua adalah Kebudayaan Sumeria di Mesopotamia (sekarang Irak) sekitar ± 3000 SM. Perlu kiranya mengkaji kembali sejarah manusia yang ternyata (dilihat dari penemuan ini) jauh lebih tua dari perkiraan sebelumnya.

Dari penemuan ini, sepantasnyalah kita renungkan. Peradaban manusia dua milyar tahun lalu hampir sama seperti peradaban yang kita jalani saat ini. Apa yang membuat peradaban dulu menghilang tak terwariskan? Kenapa? Kapan? Bagaimana? Sederet tanda tanya berkecamuk di kepala. Mungkinkah peradaban manusia itu berputar seperti roda? Adakah kemungkinan peradaban mutakhir manusia pada masa yang lalu hancur tak tersisa dan manusia selanjutnya kembali pada masa primitif? Apakah manusia mengulang peradaban dengan menempuh cara yang berbeda?

(Sumber: Prehistoric Civilization: Inspiration for Mankind, disarikan dari berbagai sumber lainnya)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kehidupan manusia seperti roda yg berputar. Itu memang patut direnungkan. Bukankah sebelum menciptakan Adam, malaikat "protes" kepadaNya kalau ciptaanNya itu akan berbuat kerusakan dimuka bumi seperti sebelumnya? Aq jd berfikir, mungkin gak ya yg dimaksud itu ras manusia ini, yg telah mencapai teknologi mutakhir 2 milyar tahun lalu?